=( TIPS MENGHINDARI SIFAT LUPA )=


Lupa adalah salah satu sifat manusia yang tak dapat dipungkiri adanya, tak bisa dilenyapkan dan hanya bisa diupayakan untuk dihindari.
Sifat ini dapat menimpa kepada siapa saja tanpa memandang usia, keturunan ataupun jenis kelamin. Dan yang membedakan hanyalah sesering dan sejarang apakah orang itu lupa.
Apabila seseorang terlalu sering lupa, biasanya disebut PIKUN. Dan kalau ia sering mengalami lupa, biasanya disebut PELUPA. Tapi kalau ia lupa hanya kadang-kadang, biasanya disebut AGAK PELUPA. Sedangkan yang jarang sekali lupa, tetap disebut MANUSIA BUKAN PELUPA. Sementara orang yang tidak pernah lupa tidak ada kecuali NABI MUHAMMAD SAW karena setan tidak diperkenankan ALLAH utk menghampiri beliau. (La’allash shawab).
Nah! Kita selaku manusia biasa hanya diberi kesempatan untuk menghindari lupa semaksimal mungkin. Salah satu caranya, sebagaimana tips berikut ini:
1. Apabila Anda sering lupa tentang orang yang baru Anda kenal, biasakanlah untuk memperhatikan orang tersebut khususnya pada bagian tertentu yang menurut Anda paling mengesankan. Bisa matanya, hidungnya, bibirnya, bentuk wajahnya atau lainnya.
2. Apabila Anda sering lupa tentang nama orang, nama tempat, atau nama benda yang lain, biasakanlah Anda menyimpan nama tersebut di “memory” Anda berdasarkan inisial atau singkatannya saja. Karena mungkin ‘ma’af’ kapasitas memory Anda tidak mampu menampung “data” yang besar.
3. Apabila Anda sering lupa tentang letak barang kecil tapi penting seperti: bolpen, jam tangan, kunci, potong kuku dll., biasakanlah untuk menaruh barang tersebut selalu pada tempatnya misalnya: bolpen di laci, jam tangan di atas meja, kunci di lemari, potong kuku di atas pintu, dsb.
4. Apabila Anda sering lupa tentang tugas Anda, biasakanlah mencatat semua tugas tersebut dan klasifikasikanlah apakah itu tugas harian, mingguan, bulananan atau tahunan. Kemudian buatlah jadwal berdasarkan klasifikasi tugas Anda dan tempelkanlah jadwal tersebut di tempat yang mudah dilihat.
5. Apabila Anda sering lupa tentang rencana Anda, biasakanlah untuk mencatat setiap rencana yang muncul dan klasifikasikanlah berdasarkan prioritas. Misalnya: rencana yang perlu disegerakan ditulis pada catatan rencan jangka pendek, dan rencana yang tidak perlu disegerakan ditulis pada catatan rencana jangka panjang.
6. Apabila anda sering lupa tentang acara/janji, biasakanlah untuk mencatat tanggal acara/janji tersebut sesegera mungkin di kalender dan tandailah tanggal tersebut dengan tanda yang jelas.
7. Apabila Anda sering lupa tentang hal-hal yang disebutkan pada tips no. 4, 5 dan 6, sedangkan Anda biasa membawa HP, biasakanlah mencatat hal-hal tersebut di HP Anda. Misalnya: tugas dicatat di “ALARM”, rencana dicatat di “AGENDA, acara/janji dicatat di “KALENDER”.
-SEMOGA BERMANFA’AT-
by: dhani
site:
http://dhanimadani.worpress.com

Published in: on 11/12/2009 at 23:41  Comments (6)  
Tags: , , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://dhanimadani.wordpress.com/2009/12/11/tips-menghindari-sifat-lupa/trackback/

RSS feed for comments on this post.

6 KomentarTinggalkan komentar

  1. Anda suka tulisan ini?
    Silakan beri dukungan.
    Anda tidak suka tulisan ini?
    Silakan beri saran.
    Salam.

  2. tips yang oke nih. thx.

  3. Trim’s buat tanggapanx.
    Salam Kenal.
    Dhani

  4. makasi dhani

  5. lupa juga terkait dengan kecerdasan….

  6. thank.. ada yg lbh kongkret ga..??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: